Kamis, 12 November 2015

Kenapa Saya Harus Menulis ??



Berbicara mengenai menulis maka kita akan berbicara mengenai perubahan, karena setiap tulisan yang kita buat akan berdampak pada diri sendiri bahkan membawa perubahan untuk dunia. Menulis merupakan wadah yang sangat tepat untuk mencurahkan segala apa yang ada difikiran dan dihati kita, selain itu melalui menulislah kita dapat menebar manfaat untuk sesama “Kalau kau bukan anak Raja, anak Ulama Terkenal, maka Menulislah” quote tersebut dari Imam Ahmad Ghozali, quotenya beliau sangat familiar didengar dan salah satu penyemangat untuk tetap menebar manfaat melalui menulis.
Tujuan merupakan suatu cita-cita yang ingin dicapai dari pelaksanaan suatu kegiatan, begitupun juga dengan menulis yang memiliki suatu tujuan yang ingin dicapai untuk kedepannya. Tujuan kita untuk menulis adalah ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk ummat, dapat menebar manfaat dari setiap tulisan-tulisan yang kita buat merupakan suatu kepuasan tersendiri bagi seorang penulis, Selain itu melalui menulis kita dapat menggantungkan impian dan harapan kita, setiap penulis pasti bermimpi suatu saat karyanya dapat diterbitkan dan dijejerkan dengan buku best seller. Semua mimpi-mimpi itu akan menjadi kenyataan bila kita berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan nya.

Menjadi seorang penulis tidak harus memiliki bakat menulis, yang harus dimiliki seorang penulis adalah keinginan iya keinginan untuk menebar manfaat melalui sebuah tulisan. Memulai menulis bisa kapan saja asalkan kita mimiliki keinginan dan tekad yang kuat, ide untuk menulis bisa melalui apa saja, dari pengalaman pribadi, pengalaman teman, atau dari potret di dalam lingkungan sekitar, kuncinya banyak mencari inspirasi menulis dengan membaca dan belajar dengan orang-orang yang telah berpengalaman dalam menulis. Apapun yang kita tulis bisa menjadi manfaat untuk diri sendiri ataupun orang lain, bukan hanya sekedar menerbitkan buku yang best seller tetapi juga kaya akan ilmu dan menginspirasi banyak orang.

Menulis itu perlu karena melalui tulisanlah kita dapat mengenang kejadian-kejadian apapun yang kita alami, belajar dari apa-apa pengalaman yang telah kita dapat selama hidup ini, jika kita tidak dapat merubah dunia maka rubahlah dunia dengan cara kita, dengan menulis adalah cara kita untuk merubah dunia, bawalah perubahan disetiap langkah dalam hidupmu dan tinggalkanlah sebuah karya yang dapat membuat orang lain terinspiransi karena mu. Dengan menulis selain dapat memberikan manfaat bagi orang lain juga dapat dijadikan sebagai ajang “unjuk gigi” lebih tampil percaya diri dengan menujukan kelebihan yang kita miliki melalui tulisan hasil karya sendiri. Melalui menulis juga dapat sebagai amal jariyah karena jika tulisan yang kita buat dapat bermanfaat bagi ummat, maka amalan tersebut tidak akan terputus walaupun kita telah meninggal dunia, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain dan juga amal jariyah merupakan salah satu amalan yang tidak akan terputus meskipun jiwa telah meninggalkan raganya. Selain itu dengan menulis juga bisa menjadi sumber penghasilan kita, seru kan jika hobby menulis ini bisa sebagai ladang penghasilan kita juga ? kalau buku hasil karya kita menjadi best seller akan meningkatkan financial kita, banyak sekali benefit yang kita dapatkatkan karena menulis dari mulai menebar manfaat bagi orang banyak sampai dengan dapat meningkatkan urusan financial juga. Namun, kembali ke niat awal lagi jangan jadikan menulis hanya sekedar ingin buku yang diterbitkan menjadi best seller saja dan dapat menulis sesukannya tanpa memperhatikan kaidah-kaidah kepenulisan, jangan sampai buku yang kita tulis itu menjadi sebuah karya yang best seller tetapi tidak bermutu, tidak ada hal-hal positif yang dapat orang lain ambil dari buku karya kita. Jadilah penulis yang buku best seller dan terkenal dengan kualitas dari tulisan yang dimuat didalam buku, bukan menjadi penulis yang terkenal karena karyanya yang penuh dengan sensasional.

Harus menunggu apa lagi untuk mulai menulis ? jangan lagi ragu untuk mulai menulis, begitu banyak benefit yang bisa kita dapatkan dari menulis dan melalui menulislah kita dapat dikenal dunia, tidak ada satu hal pun yang menghalangi kita untuk menulis, alasan-alasan klasik membuat kita ragu atau malas untuk menulis ? buanglah fikiran-fikiran seperti itu menulis tidak harus di laptop, mulai menulis di buku catatan juga bisa curahkan semua ide-ide yang ada difikiran kita, susah cari idenya ? Allah sudah menciptakan manusia begitu sempurna dengan memberikan akal yang begitu luar biasa, ide-ide yang cemerlang bisa diperoleh dari mana saja asalkan kita peka terhadap keadaan, takut tulisannya belum bagus ? mulai dan terus belajarlah jika tidak ingin memulai dan belajar tidak mungkin kita bisa menghasilkan sebuah tulisan yang bagus, janganlah menunda-nunda sesuatu yang baik jika tidak mulai menulis dari sekarang, lalu kapan kita memulainya ?. mulailah menrubah pola pikiri dirimu dahalu, mulai menulislah banyak orang yang sedang menunggu untuk membaca buku hasil karya dirimu.

So, tanyakan pada dirimu sendiri dengan sebuah pertanyaan, Kenapa saya harus menulis ? dan kemudian jawab didalam hati :
1.      Karena saya ingin menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama
2.      Karena saya ingin merubah dunia melalui buku hasil karya saya
3.      Karena saya ingin tampil percaya diri
4.      Karena dengan menulis dapat sebagai amal jariyah untuk saya kelak
5.      Karena melalui menulis saya dapat meningkatkan financial saya.


Jangan pernah ragu lagi untuk menulis dan mulailah untuk menulis, curahkanlah ide-ide yang terbentang didalam fikiranmu, jika dunia tidak dapat merubahmu maka rubahlah dunia dengan caramu. Menulis itu harus dan sangat dianjurkan dengan menulis kita dapat memperkenalkan diri kita kepada dunia, pilihan ada ditanganmu mulai untuk menulis dan rubahlah dunia melalui karyamu atau stuck dengan keadaamu sekarang, Jadilah penulis muda yang menebarkan kebaikan melalui sebuah karya, hasilkanlah sebuah karya terbaik darimu untuk ummat.

1 komentar:

  1. Semangat menulis kakak.. :-)

    Salam kenal ya..
    saya Ronny Depu KMO 4 juga

    Saling baca tugasnya ya..
    Ini tugas saya ->> http://bit.ly/tugas1KMO

    www.ronnydepu.com

    BalasHapus